Kenangan Bersama BlackBerry Messenger (BBM)

satuaspal.com – Melalui pesan yang muncul pada tampilan awal aplikasi BlackBerry Messenger atau BBM saat dibuka, BlackBerry menginformasikan bahwa BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019.

Di blog resminya, BBM juga menuliskan pesan, “Hari ini kami mengumumkan bahwa BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM!” tulis BBM.

BBM memutuskan untuk tutup karena alasan kesulitan mendapatkan pengguna baru. Bahkan para penggunanya yang sudah memakai BBM pun banyak yang berpindah ke platform messenger yang lain. Sebut saja WhatsApp yang memang menjadi aplikasi wajib ada di setiap hp.

Saya sendiri dahulu pernah menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger saat WhatsApp belum muncul. Bahkan ketika BBM hanya bisa beroperasi di gadget BlackBerry, saya mengharuskan diri untuk membeli satu unit Blackberry meskipun itu yang termurah. Dan Alhamdulillah bisa terbeli dan rasanya sudah seperti sultan.

Ketika BlackBerry mengumumkan aplikasi BBM bisa digunakan di Android, saya langsung jual Blackberry dan beralih ke Android tentu langsung saya install aplikasi BBM. Bahkan dahulu aplikasi BBM menjadi kebanggaan tersendiri bagi vendor ponsel Android yang didalamnya langsung terisi default aplikasi BlackBerry Messenger.

Waktu terus berjalan, kemunculan WhatsApp menggoda para pengguna ponsel. Lambat laun pengguna BBM pun beralih ke WhatsApp. WhatsApp terkenal dengan aplikasi yang ringan, membutuhkan sinyal yang tidak perlu kencang-kencang, serta berbagai fitur menarik yang memanjakan penggunanya.

Tidak heran hal ini menimbulkan migrasi penggunaan BBM ke WhatsApp secara besar-besaran. Mungkin awalnya penggunaan BBM dan WhatsApp ini akan berdampingan. Namun seiring waktu banyak pengguna Android yang sudah merasa cukup dengan aplikasi WhatsApp saja sehingga akhirnya menghapus aplikasi BBM dari gadgetnya dari pada ada aplikasinya tapi tidak pernah dipakai, toh teman chattingnya juga sudah pada pindah.

Terakhir, selamat tinggal BlackBerry Messenger… Bagaimanapun kamu pernah menemani keseharian saya…

Salam, Mase.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*