Tips Riding Saat Lebaran

SATUASPAL.COM – Umat muslim tentunya siap untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Kendati saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun tidak menghalangi untuk berjumpa di momen penuh berkah itu, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Khususnya bagi pengendara sepeda motor, selain menjalani protokol kesehatan, tetap safety riding menjadi hal penting ketika berkendara di hari raya. ”Tak lama lagi umat muslim akan menyambut dengan sukacita Hari Raya Idul Fitri. Memaknainya dalam kebersamaan telah dinantikan, karenanya kami pun ingin memberikan beberapa panduan bermanfaat bagi mereka yang memilih berkendara dengan sepeda motor untuk bertemu sanak keluarga atau teman. Kami harapkan dapat membantu kelancaran perjalanan di hari bahagia penuh berkah nanti,” papar Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berikut beberapa tips berkendara motor saat hari raya :

Persiapan

1. Service motor jauh sebelum hari raya. Lakukan booking service terlebih dahulu di bengkel resmi karena biasanya ramai menjelang Hari Lebaran, untuk mempermudahnya gunakan aplikasi My Yamaha Motor untuk memilih dealer yang punya fasilitas Service kunjung Yamaha (SKY).

2. Isi bensin motor penuh sebelum melakukan perjalanan karena jalan ramai biasanya antri di pom bensin.

3. Jika membawa barang seperti kue, makanan dan lainnya, tidak melebihi kapasitas dan terlalu berat karena dapat mengganggu keseimbangan saat berkendara.

4. Gunakan safety gear yang lengkap dan nyaman.

Saat di jalan

1. Jaga jarak aman karena biasanya jalanan padat oleh kendaraan.

2. Gunakan kecepatan yang aman dan ikuti alur (jangan terlalu pelan atau terlalu kencang) agar terhindar dari kecelakaan.

3. Hindari melakukan tindakan yang mendadak seperti mengerem, berbelok, berhenti agar tidak tertabrak oleh pengendara di belakang atau pengendara lainnya.

4. Lakukan akselerasi atau pengereman secara halus terutama bagi yang membonceng anggota keluarga atau membawa barang bawaan.

5. Gunakan jalur alternatif jika jalur utama padat.

6. Jaga konsentrasi dan kontrol emosi.

7. Jaga fisik, jika lelah sebaiknya istirahat terlebih dahulu.

8. Selalu patuhi peraturan lalu lintas.

Protokol kesehatan

1. Membawa dan selalu menggunakan masker, hand sanitizer, dan sering mencuci tangan dengan sabun cuci tangan.

2. Gunakan safety gear yang bersih.

3. Jaga stamina dan imunitas tubuh dengan makan sehat, minum air putih dan tidur yang cukup.

Semoga dengan menerapkan sejumlah tips dari Yamaha Riding Academy ini dapat turut melancarkan perjalanan dengan sepeda motor saat merayakan Hari Raya Idul Fitri nanti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*