Impresi Riding All New PCX 160 by Satuaspal.com

Semarang – Touring Blogger Vlogger Otomotif Jawa Tengah yang disupport habis-habisan oleh Main Dealer Astra Motor Semarang memang sudah usai. Namun dari semua kegiatan yang berlangsung selama dua hari kemarin, banyak sekali hal-hal baru yang bisa saya dapatkan. Dari destinasi touring yang indah, rute touring yang gila, dan juga dari segi motor yang dipakai untuk touring itu sendiri.

Pada saat pengundian unit motor, saya mendapatkan unit Honda ADV 150 untuk menjadi kendaraan touring saya dua hari dari tanggal 25 hingga 26 September 2021. Beberapa kali saya sebenarnya sudah pernah mengendarai motor semi adventure ini, jadi ini bukan pengalaman baru. Namun alhamdulilahnya saya bertemu dengan Pak Erie Kurnia – HC3 Manager Astra Motor Jawa Tengah dan beliau itu baik banget.

Pak Erie Kurnia yang awalnya mengendarai All New PCX 160 tiba-tiba menawari saya jika saya ingin bertukar motor dengan beliau. Tentu saja ini kesempatan emas bagi saya untuk dapat merasakan All New PCX 160, dan saya tidak melewatkan tawaran beliau dong.

Memiliki tinggi 155 cm, saya tidak kesulitan untuk menapakkan kaki ketika duduk di atas jok All New PCX 160. Busa jok All New PCX 160 juga terasa empuk dan ketika diajak riding dan ajrut-ajrutan di jalan rusak bokong juga tetap enak tidak capek. Stopper yang ada pada jok menambah nyaman ketika duduk.

Pada sektor kaki-kaki, redaman shockbreaker baik depan maupun yang belakang terasa sangat empuk. Saya kadang merasa limbung di tikungan saat cornering. Sementara pada sektor ban, ban dengan ukuran yang sangat besar tersebut terasa sangat ngegrip. Bahkan saat late breaking, kombinasi rem dan bannya cukup memberikan rasa safety. Ada momen saya hampir mengalami tabrakan saat tiba-tiba ada mobil yang menyeberang. Alhamdulillah rem sangat pakem dan ban belakang sangat mudah dikendalikan, tidak liar.

Pada sektor mesin, saya merasakan tarikan sedikit agak berat, tapi tarikan terus mengisi seperti tidak ada jedanya ketika selongsong gas dipelintir. Saya suka tarikan atasnya sih, mantep! Buat nanjak-nanjak di jalan ekstrim pun sangat enting dilibas.

Terakhir untuk konsumsi BBM. Entah jenis bahan bakar apa (updated: pertamax) yang telah dimasukkan ke tengki All New PCX 160 yang saya pakai, namun melalui speedometer saya dapat mengetahui besaran konsumsi BBM All New PCX 160 ini rata-rata berada di kisaran angka 43,9 km/liter saat dibawa touring untuk melewati rute yang sangat bervariasi dari jalanan perkotaan yang macet, jalanan pegunungan yang berkelok-kelok, hingga jalanan hutan menuju Gumuk Reco yang nanjak dan turun ekstrim. Saya rasa ini sangat irit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.