Cara Bayar Pajak 5 Tahun di Samsat, Hampir Crash Sama Tukang Gesek

satuaspal.com – Cara Bayar Pajak 5 Tahun di Samsat, Hampir Crash Sama Tukang Gesek

Hari ini (Rabu, tanggal 31 Agustus 2022) kami membayar pajak 5 tahunan di samsat karanganyar. Kami membayar pajak 5 tahunan untuk honda beat street kami yang jahitan tahun 2017.

Setelah mencari informasi jam buka samsat, yang kata teman kami samsat buka jam 8 wib, maka kami berangkat dari rumah jam 7.30 wib. Ketika sampai samsat karanganyar ternyata sudah ada beberapa orang yang mengantri. Dan tentu saja semua pintu masih tutup ygy. Eh untuk ruang fotokopinya kebetulan sudah buka, mereka sungguh rajin.

Kami langsung menuju ke ruang fotokopi untuk memfotopi stnk, bpkb, dan ktp. Untuk jumlah totalnya serahkan saja pada petugasnya. Selesai fotokopi kami membayar 2 ribu.

Akhirnya loket cek fisik buka juga setelah menunggu hingga jam 8 wib pas. Di loket cek fisik kami serahkan 1 lembar fotokopi ktp dan stnk. Lalu petugas memberi kami blangko gesek. Kami diarahkan ke tempat parkir untuk menggesek nomor rangka dan nomor mesin.

Di tempat parkir ada dua orang petugas gesek. Ternyata nggeseknya gampang saja, mereka cukup merekatkan plaster kertas yang banyak dijual di toko. Lantas digesek pakai pensil. Di sini rupanya dikenai tarif (seiklasnya).

Namun karena melihat petugas tersebut sedang sibuk menggesek motor lain, akhirnya kami berniat kabur tanpa membayar. Ealah ndilalah petugasnya tahu dan kami diteriaki, “MASSSSS!!!”

Anjai jadi batal kabur deh. Kami berbalik untuk memberi uang 5 ribu. Seharusnya 2 ribu saja cukup. Kami kadung kisinan dari pada crashkan. Hihi.

Plaster hasil gesekan nomor rangka dan nomor mesin lalu ditempel pada blangko tadi. Setelah itu lalu kembali ke loket gesek atau tes fisik untuk mendapat tanda tangan petugas pengesahan blangko tadi.

Lanjut kami diarahkan ke loket pendaftaran. Di sini sudah disediakan map bekas untuk menaruh semua berkas. Berkas tersebut semua fotokopian tadi ditambah blangko tes fisik, dan stnk, sim, dan bpkb asli.

Setelah kami menunggu beberapa saat, akhirnya petugas pendaftaran memanggil kami sambil menyerahkan map tadi. Rupanya di petugas pendaftaran tadi di dalam map ditambah blangko lagi. Kali ini kami nggak perlu ngapa-ngapain, cukup masukkan map tadi ke loket lain yang ada di sebelahnya.

Kami menunggu lagi untuk beberapa saat. Akhirnya nama kami dipanggil di loket terakhir tadi. Disini kami diberi bkpb asli dan nomor antrian loket bank.

Ada sekitar setengah jam lebih kami menunggu petugas bank datang. Oh iya loket bank ini juga ada di dalam gedung samsat karangnyar di sebelah loket penyerahan dokumen tadi ygy.

Mungkin menyesuaikan jam kerja bank para petugas baru datang. Dan benar saja, sekitar jam setengah 9 lebih para petugas bank baru datang.

Karena mendapatkan nomor antrian 1, maka kami dipanggil untuk pertama kali. Di sini kami membayar sejumlah rp 374.000. Selanjutnya kami menunggu lagi untuk penyerahan stnk dan plat nomor.

Menunggu sekitar 15 menit akhirnya stnk kami jadi. Kami lantas juga mengambil plat nomor di sisi belakang kantor samsat. Hmmmm nampaknya untuk kabupaten karangnyar masih menggunakan plat tnkb warna hitam. Yahhhh gagal keren dong. Hehe.

Kami beri kesimpulan rincian biaya yang harus dibayarkan ketika kami membayar pajak 5 tanunan atau ganti plat nomor di kantor samsat kabupaten karangnyar sebagai berikut.

  1. Fotokopi ktp, sim, dan stnk rp 2.000.
  2. Gesek nomor rangka dan nomor mesin rp 5.000 (seiklasnya).
  3. Bayar pajak, stnk, dan plat nomor baru rp 374.000.
  4. Parkir motor rp 2.000.

Jadi total untuk mengganti plat 5 tahunan sepeda motor di samsat karanganyar yaitu rp 3.83.000.

Itu tadi cara membayar pajak 5 tahunan di samsat dan rincian biaya ganti plat nomor 5 tahunan.

Salam, satu aspal!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*