Cara Ganti Plat Lima Tahunan di Samsat Purworejo

satuaspal.com – MERDEKAAAA!!! Oke sob kali ini satuaspal.com akan membagikan informasi tentang cara ganti plat motor lima tahunan di Samsat Purworejo.

Yamaha Mio GT milik ibu yang ada di rumah kini masuk usia yang ke… ah entah berapa… pokoknya waktunya ganti plat.

Pada plat nomor kendaraan yang tertera ada plat AA XXXX VL, ini artinya sepeda motor ini teregistrasi di Kabupaten Purworejo. Untuk itu, untuk membayar pajak lima tahunan atau ganti kaleng atau ganti plat maka harus dilakukan di Samsat Purworejo. Berikut cara ganti plat lima tahunan di Samsat Purworejo.

Pertama, dari rumah siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan yaitu KTP asli sesuai STNK STNK asli, dan BPKB asli. Setelah syaratnya komplit, langsung gas ke Samsat Purworejo.

Kedua, foto kopi berkas asli tersebut di tempat foto kopian yang ada di Samsat. Gak perlu ngomong apa apa, tukang foto kopinya sudah langsung paham. Di sini bayar foto kopi Rp 2.000.

Ketiga, bawa berkas asli dan foto kopi tadi dan masukkan ke loket tes fisik. Di sini satuaspal.com diberi selembar kertas, lalu serahkan kertas tersebut ke petugas cek fisik. Jangan lupa bawa motor kita ke lokasi cek fisik ya. Setelah ditempeli plaster hasil urek urek nomor rangka dan nomor mesin, masukkan kertas tadi ke loket yang sama. Tunggu hingga nama kita dipanggil untuk mengambil berkas.

Keempat, setelah kita mendapatkan berkas, bawa berkas tersebut ke loket yang ada di sebelah utara loket cek fisik (saya lupa nama loketnya). Kita akan diberi selembar kertas lagi dan berkas kita akan diserahkan lagi.

Kelima, masukkan berkas kita ke sebelah utaranya loket yang tadi. Di sini kita akan diberi stopmap yang di dalamnya untuk menyimpan berkas-berkas kita tadi.

Keenam, ada selembar kertas yang harus diisi. Isi terlebih dahulu dengan pulpen yang telah disediakan. Isi tulis plat nomor, alamat sesuai KTP, dan identitas sepeda motor di kertas radi. Lalu bawa berkas kita yang telah dibungkus dengan stopmap dari Samsat ke loket pendaftaran.

Ketujuh, setelah nama kita dipanggil di kasir, kita membayar pajaknya.

Kedelapan, pengambilan STNK dan plat nomor di loket pengambilan STNK setelah nama kita dipanggil. STNK jadi.

Kesembilan, serahkan STNK baru ke bagian pencetakan plat nomor di bagian belakang kantor Samsat Purworejo. Nunggu plat nomor jadi hanya beberapa menit.

Dari kesemua proses tersebut satuaspal.com mencatatkan waktu kurang lebih 1 jam, maka plat nomor dan STNK sudah jadi dan kita bisa pulang.

Over all, urus-urus di samsat sekarang cepat ya guys ya, tidak seperti jaman dulu yang butuh waktu seharian karena antrian yang membeludak. Oke salam satu aspal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*