Pengalaman Tak Terlupakan Berkunjung ke Pabrik PT. YIMM West Java dan Yamaha Global Training Center, Melihat Langsung Perakitan Yamaha NMax dan Aerox

Sob… Hari Kamis tanggal 5 Oktober 2023 akan menjadi hari yang tidak akan satuaspal.com lupakan selamanya. Di hari inilah pertama kali satuaspal.com dapat menginjakkan kaki pertama kalinya di pabrik sepeda motor Yamaha, untuk melihat langsung perakitan sepeda motor Yamaha. Hal ini memang selalu satuaspal.com tunggu-tunggu untuk mengobati rasa penasaran akan bagaimana sepeda motor Yamaha dirakit dari perintilan-perintilan kecil, hingga berwujud menjadi sepeda motor.

Satuaspal.com bersama dengan beberapa blogger dan media dari Jawa Tengah, hari Rabu tanggal 4 Oktober 2023 diberangkatkan oleh Yamaha DDS3 Jawa Tengah ke Karawang. Dengan menaiki mobil Hiace, kami menyusuri tol dari Semarang hingga sampai di Karawang sob. Perjalanan darat ini selalu satuaspal.com senangi karena akan menambah pengalaman berkendara, khususnya di jalan tol, serta asyiknya lagi, Yamaha DDS3 Jawa Tengah juga menyempatkan kami untuk berwisata kuliner. Kami menikmati kuliner di setiap daerah yang kami singgahi. Kami mencicipi empal gentong H. Apud di Cirebon, sate maranggi Haji Yetty di Purwakarta, dan pada saat perjalanan pulang kami juga diajak singgah di warung sate Cempe Lemu di Tegal. Mantap jiwa sob…

Back to topic nih sob… Setelah melakukan perjalanan beberapa jam, akhirnya kami tiba di Hotel Novotel di Karawang, di mana kami akan menginap semalam di sini. Satuaspal.com di sini coba iseng ngecek aplikasi ijo nih sob hahaha… Dan hasilnya wow wakakakak… Tapi skip dulu sob, cuma ngabsen aja kok.

Lantas di pagi harinya setelah sarapan, rombongan media dari Semarang ini lalu diberangkatkan ke pabrik PT. YIMM WJ. Sesampainya di sana kami bergabung dengan teman-teman media yang lain. Ternyata… di acara factory visit ini, PT. YIMM mengundang banyak sekali perwakilan blogger dan media dari seluruh Indonesia. Satuaspal.com sempat berbincang dan kenalan dengan wartawan dari media yang ada di Bangka Belitung. Pokoknya perwakilan dari seluruh Indonesia hadir sob.

Sesampainya di pabrik YIMM Karawang, kami dikumpulkan di Yamaha Global Training Center untuk mendengarkan konferensi pers dari pihak PT. YIMM yang dihadiri oleh seluruh jajaran tinggi PT. YIMM seperti bapak Takashi Kimoto (Production Director PT. YIMM), Teddy C. Yacob (Production Director PT YIMM), Dyonisius Beti (President Director & CEO PT. YIMM), Takeshita Naotaka (Vice President PT. YIMM), Hiroshi Takeyama (Marketing Director PT. YIMM), dan Thosiaki Maeda (Deputy Director CS Production PT. YIMM). Ini pertama kalinya satuaspal.com melihat langsung para petinggu PT. YIMM nih sob.

Setelah penyampaian press conference tentang launching produk lite version dan garansi rangka 5 tahun selesai, akhirnya momen yang satuaspal.com tunggu-tunggu pun tiba. Satuaspal.com dan media digelandang ke PT. YIMM West Java yang gedungnya ada di samping gedung Yamaha GTC sob. Di sinilah yang merupakan tempat produksi sepeda motor metik Yamaha, mulai dari mulai metik kecil Gear 125, Fino 125, X Ride 125, Fazzio 125, Filano 125, hingga Yamaha NMax dan juga Yamaha Aerox.

Di sini satuaspal.com sangat terpukau dengan melihat langsung perakitan sepeda motor metik Yamaha sob. Di dalam gedung PT. YIMM West Java ini diproduksi rangka, tangki, dan pernak pernik lain hingga ke proses perakitan. Ada banyak pekerja yang melakukan perakitan untuk sebuah sepeda motor metik Yamaha. Mereka bekerja dengan berdiri sepanjang hari merakit bagian sepeda motor yang menjadi tugasnya. Sepeda motor dirakit dari mulai pemberian nomor rangka, nomor mesin, CVT, pemasangan kabel body, pengisian oli, pemasangan rangka, pemasangan roda, pemasangan stang, pemasangan body, hingga finishing menghasilkan sebuah sepeda motor jadi. Setelah jadi, sepeda motor metik Yamaha pun langsung diparkir untuk menunggu diangkut ke atas truk untuk dibawa ke gudang. Sungguh-sungguh sebuah proses yang sangat mengagumkan sob. Satuaspal.com senang sekali bisa melihatnya secara langsung. Tahu nggak sob? Di pabrik ini, PT. YIMM mampu merakit hingga 4000 lebih sepeda motor dengan berbagai tipe perharinya. Ediaaannnn… Sayang semua proses perakitan di dalam pabrik ini tidak boleh di dokumentasikan baik berupa foto maupun video. Kamera kita disimpan di tempat tertentu sebelum diperbolehkan masuk ke area ini.

Dan terakhir, satuaspal.com mau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yamaha DDS3 Jateng dan PT. YIMM yang sudah memberikan kesempatan istimewa melihat langsung perakitan sepeda motor metik Yamaha. Sungguh sebuah pengalaman yang tidak akan satuaspal.com lupakan. Terima kasih dan semoga sepeda motor Yamaha semakin laris dan dapat memuaskan para penggunanya. Salam satu aspal!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*