Site icon SatuAspal.Com

Tiket kereta api prameks tidak bisa dipesan secara online, begini caranya pesan di stasiun

image
mulai 13 juni 2016 tiket kereta api prameks bisa dipesan
Nah mulai 13 juni 2016 yang lalu tiket kereta api prameks aka prambanan ekspress bisa dipesan, sebelumnya mah kagak. Sebelumnya untuk mendapatkan tiket kereta api prameks cuma dilayani secara go show. Misal kereta berangkat jam 8.00 maka pembelian tiketnya dilayani dari jam 5.00, artinya loket dibuka 3 jam sebelum keberangkatan. Itu teorinya, kadang prakteknya mah sak karepe petugas lokete, misal bangunnya kesiangan atau pas lagi mager, loket mah dibuka jam 7.00 aja bisa.

tiket prameks tidak dijual secara online
Tidak seperti kereta api yang lain, untuk kereta api prameks ini (yang melayani rute Solo – Yogyakarta – Kutoarjo dan sebaliknya) tiketnya tidak pernah dijual secara online. Nggak percaya… situ cek ajalah…
begini prosedur pesan tiket kereta api prameks di stasiun
Karena tidak bisa dipesan secara online, maka pembelian dan pemesanan tiket kereta api prameks cuma dilayani di stasiun. Misal di stasiun Solobalapan, Purwosari, Klaten, Bandara, Lempuyangan, Tugu, Wates, Jenar, dan Kutoarjo.
prosedur pemesanan tiket kereta api prameks kayak gini lho
Nah bagi calon penumpang yang belum pernah melakukannya pasti bingung. Pemesanan tiket tidak sesimple pembelian tiket go show yang cuma datang langsung dapat (kalau pas nggak pakai ngantri).
Sebagai contohnya mase coba memesan tiket prameks di stasiun solobalapan. Ternyata loket pembelian tiket kereta api prameks sekarang dipindah, baik itu mau go show ataupun pesan.
Lokasinya ke kiri setelah kamu masuk lobi stasiun solobalapan, menempati bangunan baru di dekat tempat parkir. Kalau mau pesan begini caranya.
1. Ambil formulir pemesanan tiket kereta api.

Bentuk formulirnya sama dengan formulir pemesanan tiket kereta api jarak jauh. Begini kalau kurang jelas.

Yang diisi di form :
– nama pemesan
– nama dan no ktp penumpang
– isi data perjalanan (nama kereta, stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal dan jam berangkat, bisa sekaligus pesan tiket pulang pergi lho)
– jangan lupa tanda tangan
2. Minta nomor antrian
Minta nomor antrian ke petugas security di sekitar loket ataupun di sekitar tempat pengisian blangko. Suka pindah sekareppe dewe orangnya.
3. Nunggu nomor antrian dipanggil

Petugas stasiun sudah menyefiakan ruang tunggu berkursi dan juga lesehan Fasilitasnya ada kipas angin dengan semburan air tipis-tipis, kursi besi, dan LCD TV.
4. Menuju ke loket 3

Khusus untuk pemesan tiket kereta api prameks kamu akan dipanggil di loket 3. Perhatikan nomor antrian yang dipanggil di layar LCDnya. Loket no 4 untuk pemesanan tiket kereta api jarak jauh. Loket 2 untuk pembatalan pemesanan atau mau ubah jadwal. Loket 1 untuk penjualan tiket prameks secara go show. Ini sekaligus meralat artikel yang kemarin, ternyata hari ini nomor loketnya sudah diaesuaikan… good job PT KAI…
5. Ya udah pulang kalau udah dapat tiket
Tarif tiketnya sendiri tidak ada yang berbeda dengan tarif go show. Usahakan di bayar jangan ngutang. Ati-ati mbaknya cantik, jangan tergoda. 😆
Ini mase dua kali datang ke stasiun solobalapan. Kemarin beli buat mudik, sekarang beli buat balik. Mau sekalian beli kemarin belum boleh karena tanggal baliknya belum 7 hari maksimal.(mase)

Exit mobile version