Hati-hati jualan online, jangan pernah mau diajak transaksi lewat e-cash kalau nggak mau buntung

Gambar dari tranyar.co.id

Kali ini saya mau cerita pengalaman saya berjualan online. Ternyata berjualan secara online itu membuka peluang orang lain untuk menipu kita sebagai penjual. Setelah barang kita posting ada saja yang terus menghubungi kita. Ada yang kirim SMS suruh telpon bapaknya, katanya bapaknya tertarik dengan barang yang saya jual. Lahhhh dia yang tertarik kita yang suruh telpon… Dah ini pasti modus… Dan satu lagi adalah modus pembayaran dengan e-cash rekpon… 

Nah, salah satu penyedia layanan e-cash money adalah Bank Mandiri, dan layanan ini banyak disalah gunakan orang untuk menipu di transaksi online. Cerita berikut yang saya kutip dari sini menceritakan bagaimana penipu melakukan modus penipuan lewat e-cash ini. 

Keesokan harinya pagi2 sekitar jam 8 pagi si penipu menanyakan kembali apakah bisa deal hari ini , saya pun menjawab tentu sajah bisa deal hari ini asal transaksi selesai. Si pembeli akhirnya mengirimkan bukti transfer (saya tidak punya buktinya karena fitur retract message, jadi sudah d delete chatnya dari handphone si pembeli ). Bukti transfer ini berisi kode e-cash . Lalu dia menyuruh saya pergi ke ATM mandiri, dia bilang harus Mandiri. Saya masih tidak tahu bahwa itu penipuan, lalu saya ke ATM Mandiri di dekat rumah saya , si penipu menelopon saya untuk menginstruksikan cara mencairkan uang E-CASH. Penipu akan menyuruh kita pilih language ENGLISH di ATM , mungkin biar saya bingung karena pake bahasa inggris . Karena kode itu palsu , lalu transaksi itu gagal , dan receipt nya keluar beserta saldo saya , penipu minta saya untuk foto buktinya, (foto bukti receipt jebakan agar si penipu tau isi saldo di rekening saya) lalu saya foto sajah karena belum curiga. Dan dia menyuruh saya mengulang sekali lagi karena kode yg tadi ternyata salah , namun kali ini dia menyuruh saya memilih menu Transaksi ke bank lain ,di sini saya sudah tahu bahwa ini penipuan, saya stop semuanya dan blok nomor si penipu.

Nah, seperti itulah penipu melakukan penipuan lewat e-cash Mandiri. Intinya penipu menyuruh kita ke ATM, terus di ATM kita disuruh pencet menu ini itu, yang akhirnya tanpa kita sadari, kita bukannya menerima duit dari pembeli, tapi kita malah melakukan transfer duit ke rekening mereka. 

Dan tadi malam saya hampir menjadi korbannya… 

Begini ceritanya bro. Saya kan jualan jaket riding tuh di olx. Nah, selang beberapa menit saya posting itu iklan langsung ada orang WA yang mengaku tertarik dengan jaket riding itu. Kisah selanjutnya baca saja screenshot berikut ya bro. 

Sudah seneng dong saya ya, baru posting langsung ada yang nyaut. Tapi ini malah membuat saya curiga. Kecurigaan kedua saya, si calon pembeli ini nggak nawar harga, padahal saya tulis nego. Kecurigaan yang ketiga saat si pembeli ini bilang mau bayar pake e-cash (saya sudah baca banyak kasus e-cash sebelumnya). Nah terbukti, setelah saya jawab saya nggak mau, nomer saya langsung di blokir. Untung masih bisa di screenshot. 

Ini nomor penipunya dan foto DP nya (bisa jadi foto palsu). 

Pokoknya jangan sekali-kali terpancing transaksi dengan e-cash ya bro. Sudah banyak korbannya. Salam… (satuaspal.com) 

Iklan

12 pemikiran pada “Hati-hati jualan online, jangan pernah mau diajak transaksi lewat e-cash kalau nggak mau buntung

  1. Makasih sharing pengalamannya bro.. itu kegagalan penipuan dia.. haha untunglah selamat yaa.. btw fotonya bikin salfok deh.. wkwk

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s