Hampir Jadi Korban Combi Brake System Beat Street

satuaspal.com – Hampir jadi korban Combi Brake System

Kemarin hari Rabu (16/1/2019) Karanganyar disapa dengan hujan gerimis. Dan ini benar-benar hujan pagi hari pertama di bulan Januari 2019 di Karanganyar. Biasanya kalau hujan siang atau sore sob. Tentulah karena hujan pagi hari ini maka saya harus menikmati trek basah untuk beranjak dari rumah ke tempat kerja.

Seperti dugaan saya… Kalau pagi hari hujan sudah bisa dipastikan jalanan bakal macet. Ini karena yang biasa naik motor jadi bawa mobil, dan yang biasa dianterin pakai motor jadi dianterin pakai mobil. Biyuh wong Karanganyar memang sugeh sugeh… Begitu juga ditempat sampean kan sob.

Karena jalanan macet otomatis harus riding pelan-pelan. Ya iyalah piye le arep ngebut jal… Tapi ketika ketemu jalan lancar langsung geber. Nah disinilah saya hampir apes. Ketika mulai memelintir gas agak dalam dan kecepatan langsung bertambah tiba-tiba saja kendaraan yang ada di depan mengerem mendadak. Otomatis saya kaget dan langsung reflek tarik tuas rem belakang sedalam-dalamnya berharap roda berhenti berputar sebelum menubruk kendaraan yang ada di depan.

Rem pada roda belakang terasa bekerja dengan baik… Namun roda depan Beat Street saya rasanya seperti tergelincir. Untunglah saya bisa menguasai stang kemudi dan tidak terjatuh atau ambruk. Saya baru ingat… Beat Street sudah mengaplikasi fitur CBS atau Combi Brake System yang merupakan fitur unggulan dari sepeda motor metik merk Honda. Dengan fitur ini, ketika tuas rem belakang di tarik, maka pengereman tidak hanya bekerja pada roda belakang, namun juga pada roda depan. Asli bikin kaget dan hampir saja…

Diperlukan kehati-hatian saat melakukan pengereman dengan sepeda motor berfitur CBS, apalagi ketika jalanan basahhhh…

11 Comments

  1. apalagi kalo di tambah tidak rajin mengecek kekencangan rem belakang, maka saat tarik tuas rim belakang, yang aktif malah rem depanya. alhasil inilah penyebab utama saya sering ketemu motor yang pake cbs jatuh saat mengerem mendadak karena kaget. menurut saya cbs ini lebih baik di padukan dengan system abs minimal single chanel yang depan jadi tidak sampe mengunci ban depan.

    • Nah ini, saya gak pernah kekencangan rem belakang om. Dah lama soalnya motor gak ke bengkel. Iya lebih aman pasti kl dipadu sama abs.

  2. Hampir mirip tapi saya dulu pake vario saya kalau ngerem cenderung rem belakang dulu baru rem depan dengan metode tekan lepas nah pas kebetulan pake vario temen yang cbs, hbis di rem belakang saya coba seperti motor saya dan alhasil motor hampir jatuh karena saat rem depan di lepan tidak mau kembali karena ke kunci rem belakang.

  3. kok aneh tow… aslinya CBS kan pengembangan dr model rem sebelumnya.. awalnya rem biasa trus ada ABS trus dikembangkan lg jd BBS, trus akhirnya CBS… so harusnya sdh paling aman ya CBS

1 Trackback / Pingback

  1. CBS Jadi Bahaya Karena Setelannya Berubah Akibat Rem Belakang Yang Aus Duluan – satuaspal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*