Meski Nikmat Betul, Kopi Joss Jogja Ternyata Murah

satuaspal.com – Salam satu aspal Indonesia!! Siapa yang tak kenal akan legenda kopi joss Jogja. Itu lho kopi legend dari Jogja yang dibuat dengan arang membara yang dicelupkan ke dalam segelas kopi. Saat arang membara menyentuh air akan mengeluarkan bunyi yang khas, jooossss…. Nah dari sinilah asal nama kopi joss tercipta hingga melegenda seperti sekarang ini.

Flashback!!

Sepuluh tahun tinggal di Jogja sejak 20xx hingga 20xx, saya tidak sekalipun pernah mampir di kawasan utara stasiun Tugu untuk sekedar mampir mencicipi kopi joss. Sebenarnya keinginan ada, namun setiap kali melewati daerah ini, saya langsung minder untuk sekedar memarkir kendaraan. Parkiran dan warungnya pasti selalu penuh.

Hingga akhirnya kesempatan itu datang di tahun 2019 dan kebetulan malah di traktir sama PT. SIS.

Karena ditraktir saya pun akhirnya bertanya pada sang bakul yang duduk dibalik pikulan itu, “pak, satu gelas kopi joss itu hargane piro…”. Ternyata untuk meminum kopi legend ini hanya membutuhkan duit Rp 5000, nggak lebih.

Ternyata ada dua varian kopi joss, kopi hitam yang seperti saya pesan dan satu lagi kopi susu. Karena belum pernah mencoba, untuk pertama kali tentu saya ingin mencicipi yang original, itulah kenapa saya pesan kopi hitam.

Saya amati cara menyajikan kopi joss utara stasiun Tugu Jogja ini, pertama tentu saja masukkan gula pasir dan kopi ke dalam gelas, lanjut memasukkan air panas yang benar-benar hot. Kemudian terlihat penjualnya mangambil japitan dan memilih arang membara yang ada ditungku. Setelah mendapatkan arang yang benar-benar membara, arang diambil dengan japitan, lalu ditiup-tiup (entah biar apa), lalu arang membara dimasukkan ke dalam gelas yang sudah diseduhkan kopi plus gula tadi. Jooooosssss… begitu suara arang membara saat bertemu dengan air kopi di dalam gelas, terlihat akrab memang. Eh

Rasa

Untuk rasanya sendiri ternyata cukup mengejutkan, ternyata tidak ada rasa arangnya, tidak juga membuat gatal tenggorokan, yang ada malah rasa kopi semakin kuat dan kental. Amazing!!!! Ini kopi terenak yang pernah saya minum, nikmat betoel!!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*