Impresi Touring Jauh Dengan Suzuki Nex II

Teman-teman sekalian. Pada tanggal 16 Agustus dan 18 Agustus 2019 satuaspal.com mencoba touring jarak jauh dengan Suzuki Nex II. Ini adalah touring jarak jauh pertama saya dengan mengendarai Suzuki Nex II. Sebelumnya sudah pernah touring jarak sedang sampai ke Jogjakarta saat hadir di acara Suzuki Saturday Night Riding. Lantas bagaimana impresi touring jarak jauh ini dengan Suzuki Nex II?

Pada Jumat sore tanggal 16 Agustus 2019 sekitar pukul 16.00 wib, satuaspal.com gas Suzuki Nex II untuk mudik ke Kutoarjo yang kira-kira jaraknya dari Solo adalah 176 km. Dan pada hari Minggu tanggal 18 Agustus 2019 pukul 14.00 wib satuaspal.com kembali touring dengan arah sebaliknya, Kutoarjo – Solo. Dan berikut adalah impresi secara garis besar dari Suzuki Nex II untuk touring jarak jauh.

Suspensi

Seperti yang sudah pernah satuaspal.com tulis sebelumnya di blog ini, Suzuki Nex II memiliki salah satu keunggulan di suspensi mas bro. Dan benar saja, untuk melibas jalanan Solo-Kutoarjo dan sebaliknya yang terkadang ada jalan yang tambalan ataupun jeglongan, itu suspensi baik depan atau belakang sukses meredam goncangan. Tidak ada yang namanya shock ngejedog mas bro, nyaman banget. Suspensi yang empuk ini bukan tidak memiliki kelemahan, pasalnya satuaspal.com merasakan agak nggak enak kalau buat nikung dalam kecepatan tinggi.

Tarikan Mesin

Suzuki Nex II dibekali dengan mesin yang jika dibulatkan adalah 115 cc. Dan metik Suzuki itu memiliki karakter mesin yang unik, pokoke kalau belum pernah naik metik Suzuki sampean kudu sekolah tangan kanan dulu. Hahaha.. Nah kalau sudah paham karakternya, metik Suzuki Nex II ini larinya kenceng banget mas bro. Setiap tarikan gas padat dan berisi. Dan ketika tarikan gas dikurangi, Suzuki Nex II ini akan melumcur dengan smooth, minim getaran mas bro. Saya paling mentok lari 80 kpj, rasanya sudah kenceng banget.

Konsumsi BBM

Ini yang satuaspal.com lupa lakukan, yakni tes konsumsi bbm. Asem tenan… Yang jelas, Suzuki Nex II ini satuaspal.com isi full tangkinya ketika sampai Jogjakarta di SPBU sebelah timur Ambarukmo Plaza. Nah dari situ jarak ke rumah sekitar 88 km mas bro. Dan sesampainya di rumah, kebetulan bapak jualan pertalite eceran, dan kembali tangki Suzuki Nex II saya isi full dengan pertalite dan muat 2 liter mas bro. Jadi ya untuk konsumsi bbm mungkin sekitar itu mas bro, 88/2 = 44 km/l. Tapi ini hitungan kasar saja mas bro, karena pengukuran hanya dengan bensin eceran. Oh iya untuk kondisi jalan sering terkena macet juga mas bro saat di Jogjakarta dan di Purworejo karena ada pembetonan jalan di daerah Pendowo. Ngegasnya juga ugal-ugalan nggak diurut.

Dalam touring ini saya bonus ketemu kopdaran dengan Om Yusuf admin traktordohc dan ditraktir mie ayam sama es teler duren, cucokkk…

Sekian, salam satu aspal!!!

2 Replies to “Impresi Touring Jauh Dengan Suzuki Nex II”

Leave a Reply

Your email address will not be published.