Biaya Ganti Silinder Set Master Rem Honda Beat Street

Selamat pagi Indonesia!

Wellcome back to my blog. Honda Beat Street saya usianya saat ini sudah memasuki 5 tahun. Nggak kerasa juga kok sudah selama ini, perasaan baru kemarin dikirim ke rumah. Oke dan ini sedikit ceritanya tentang rem depan yang mulai rewel.

Sebenarnya ini bukan sekalinya Honda Beat Street saya mengalami masalah serupa. Tahun 2021 saya juga sudah sempat melakukan penggantian part silinder set master rem ini. Tapi embuh kok nggak awet, padahal gantinya di AHASS.

Singkat cerita begini… Rem cakram depan saya seret, kalau di rem seperti enggak mau balik. Dan saat saya pakai riding terasa kampas semakin seret mencengkeram piringan cakram. Hasilnya motor cuma berjalan lambat meskipun sudah gas pol.

Untung jaringan AHASS ada di mana-mana. Jadi ketika motor sudah mulai benar-benar tidak bisa diajak jalan, eh pas banget di depan saya ada AHASS. Kali ini saya mampir di AHASS Tama Motor Jaten.

Sesampainya di AHASS saya pun menceritakan keluhan itu ke mekanik. Dan pada saat mekanik mau membawa motor masuk ke bengkel, hla kok cakram benar-benar sudah terkunci. Alhasil dilakukan pencopotan master remnya di depan bengkel.

Ketika master rem sudah bisa dicopot lalu itu selang rem dibuka dannnnn… menyemburlah minyak rem yang ternyata kondisinya sangat panas, terlihat dari minyak rem yang berasap sangat banyak.

Saya sudah menduga, pasti kerusakannya ada di silinder set master remnya seperti waktu lalu. Dan memang benar part itulah yang rusak dan aus sehingga per di dalam piston sudah tidak bisa bergerak membalikkan tuas rem ketika rem ditekan. Dibongkar dah tu rumah rem cakram di setang bagian kanan.

Dan ini part silinder set master rem yang diganti.

Konon penyebab ausnya silinder set master rem ini karena bisa jadi ada kotoran yang masuk atau air. Pada penggantian yang dulu kala, itu silinder set master rem sampai berjamur tebal.

Saya ke AHASS ini pukul 4 sore dan saya berterima kasih sekali pada kebijakan AHASS yang tutup jam 5 sore sehingga motor saya bisa tertolong. Bayangkan kalau jam 4 AHASS sudah tutup. Bakal gimana saya kalau cakram ngunci di jalan.

Untuk besaran biaya penggantian part silinder set master rem seperti ini: sil master rem rp 35.000, jasa pasang rp 35.000, part silinder set master rem rp 73.000, dan minyak rem rp 9.000. Kalau di total semua habis rp 117.000. Nah untung saya pas bawa uang cash di dompet.

Salam satu aspal!

2 Replies to “Biaya Ganti Silinder Set Master Rem Honda Beat Street”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: