Pakai Blangkon, Abdi Dalem Kena Tilang

satuaspal.com Selama tinggal di Jogja, mase memang sering banget lihat pemandangan abdi dalem keraton dengan pakaian adat lengkap dengan blangkonnya wara wiri di jalanan protokol kota Jogja dengan hanya menggunakan penutup kepala beruba blangkon, tanpa memakai helm, dan itu memang tidak ditindak sama polisi. Sepertinya polisi menganggap blangkon sah sebagai pengganti helm asalkan memakai pakaian adat/abdi lengkap.

image

Blangkon Kena Tilang

Berbeda dengan hal itu, saat polisi menggelar operasi zebra progo di Bantul, polisi memberikan tilang kepada abdi dalem yang hanya mengenakan blangkon tanpa memakai helm. Kasatlantas Polres Bantul ternyata sudah melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Keraton Jogja jika anak buahnya akan memberi tilang kepada abdi dalem yang tidak mengenakan helm saat adanya razia zebra. Hal ini sesuai dengan UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pakai helm adalah wajib.

Kasatlantas Polres Bantul menyarankan agar para abdi dalem yang berkendara dengan sepeda motor menyimpan dulu blangkonnya saat berkendara (misal didalam tas) lalu menggantinya dengan mengenakan helm.

Helm penting untuk keselamatan… Salam satu aspal! (Mase)

image
Banyak pemandangan seperti ini di Jogja...

Posted from Andromax 4G LTE

9 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*