Yellow Box Junction (YBJ), Rambu Lalin Baru di Solo, Seperti Apa Bentuk dan Prosedurnya

satuaspal.com Pas pulang dari MOSS (postingannya di sini), mase langsung riding pulang lewat jalan Slamet Riyadi Solo ke arah timur. Pas di perempatan-perempatan yang ada di jalan Slamet Riyadi itu terlihat garis kuning yang mengotak dan diberi garis diagonal ditengah-tengah perempatan. Ini artinya rambu apa sih? Sempat ngomong sendiri di dalam hati.

image

Perhatikan garis kuningnya

Yellow Box Junction (YBJ)

Info ini mase dapat dari FB Info Solo yang di share oleh bro Sat24 via WA. Menurut FB Info Solo, garis kuning tersebut disebut Yellow Box Junction (YBJ) dan ini memang rambu-rambu lalu lintas yang punya arti dan juga sanksi bagi pelanggarnya.

image

Mencegah Kepadatan di Persimpangan Agar Tidak Terkunci

Mekanisme dari YBJ ini adalah seperti ini.
Banyak pengguna kendaraan bermotor tetap menerobos lampu (traffic light) merah, saat antrean kendaraan di depannya belum terurai. Adanya YBJ ini walaupun lampu traffic light sudah hijau pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti ketika ada kendaraan lain di dalam YBJ. Mereka baru bisa maju jika kendaraan di dalam YBJ sudah keluar. Paham kan maksudnya.

Akan kena tilang bagi yang melanggar.
Bagi pengendara yang tetap memaksa memasukkan kendaraannya ke dalam YBJ, padahal masih ada kendaraan lain di dalamnya, maka akan di tilang, ini sama saja melanggar marka jalan.

Menurut UU
Dalam penjelasan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a, b tentang rambu-rambu lalu lintas dan berhenti di belakang garis stop. Pidananya ialah kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000.

Diperlukan kesadaran dari pengguna jalan agar rambu ini berfungsi sebagaimana mestinya. Kalau dipikir, selama ini yang terjadi dijalan raya, lampu merah tinggal beberapa detik saja sudah ditrobos… Nah akankah rambu ini efektif… Mbuhhh… Sekian, salam satu aspal. (Mase)

Posted from Andromax 4G LTE

Iklan

24 pemikiran pada “Yellow Box Junction (YBJ), Rambu Lalin Baru di Solo, Seperti Apa Bentuk dan Prosedurnya

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s