Melestarikan Budaya Jawa dengan Memakai Beskap

satuaspal.com – Bocor dan bikin heboh… yap itulah foto ane yang ada di facebook guys. Untung bukan foto mesum ane bareng janda, melainkan foto ane yang memakai beskap.

image
Ini penampakan foto yang bikin heboh sedunia per FB an

Menurut wikipedia
Beskap adalah sejenis kemeja pria resmi dalam tradisi Jawa Mataraman untuk dikenakan pada acara-acara resmi atau penting. Busana atasan ini diperkenalkan pada akhir abad ke-18 oleh kalangan kerajaan-kerajaan di wilayah Vorstenlanden namun kemudian menyebar ke berbagai wilayah pengaruh budayanya.

Beskap berbentuk kemeja tebal, tidak berkerah lipat, biasanya berwarna gelap, namun hampir selalu polos. Bagian depan berbentuk tidak simetris, dengan pola kancing menyamping (tidak tegak lurus). Tergantung jenisnya, terdapat perbedaan potongan pada bagian belakang, untuk mengantisipasi keberadaan keris. Beskap selalu dikombinasi dengan jarik (kain panjang yang dibebatkan untuk menutup kaki).

Jadi kalau pakai beskap ini selalu dibagian kepala harus memakai blangkon yang sudah SNI. Selain blangkon, sebagai aksesoris keheroikan orang Jawa, keris juga jangan lupa diselipkan di bagian belakang, jangan diselipkan di depan, bahaya.

Sebagai klarifikasi, ini ane pakai beskap bukan dalam rangka mau pentas wayang ataupun mau kawin lagi, melainkan ane mendapatkan kehormatan untuk mengenakan pakaian tradisional Jawa ini saat ada sepupu ipar yang menikah beberapa hari yang lalu di Tawangmangu. Total sudah kali yang kedua ini ane mendapatkan kehormatan yang sama, dan sama-sama di Tawangmangu pula lokasinya.

image
Ini keluarga kecil ane
image
Nuhhh komplit personilnya

Walaupun postingan ini tidak penting dan terkesan mengada-ada (tentang kehebohan yang harus diklarifikasi), tapi lebih baik kamu baca… Hehehe…

/mase

Posted from Andromax 4G LTE

32 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*