Solusi Honda Beat Muncul Suara “Ethek Ethek” Saat RPM Rendah

Pagi guys… Salam satu aspal…

Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1441 h untuk teman-teman yang merayakannya, mohon maaf lahir dan batin. Di postingan kali ini, saya akan bercerita lagi tentang Honda Beat Street saya. Jadi Honda Beat Street saya ini buatan tahun 2017 dan beberapa waktu yang lalu memang jarang servis. Odometer sudah menunjukkan angka 30.000-an km.

Nah, kemarin itu ada masalah yang muncul pada Honda Beat Street saya itu. Muncul suara kasar, semacam bunyi “ethek ethek” saat mesin dalam putaran rendah. Bunyi tersebut muncul misalnya pada saat saya mengurangi kecepatan saat akan melibas polisi bobo dan juga pada saat saya akan parkir dari sebelumnya posisi riding. Jian asli memalukan tenan, soalnya setiap parkir pasti jadi diliatin orang.

Menurut penelusuran saya, suara “ethek ethek” mirip vario gredeg tersebut sepertinya muncul dari sektor CVT. Entah kenapa suara tersebut muncul, saya sendiri juga kurang tahu penyebabnya, soalnya motor ini juga nggak pernah saya pakai sebelumnya. Jadi, memang kurang terawat.

Selanjutnya, seperti yang sudah saya tulis pada postingan sebelumnya, akhirnya saya memutuskan ke AHASS untuk menservis Honda Beat Street saya. Ke AHASS tujuannya cuma mau servis rutin sama ganti oli mesin dan oli gardan. Petugas AHASS merekomendasikan untuk sekalian pembersihan CVT, tepatnya penggantian vaselin. Dan saya oke in aja…

Nah ternyata, setelah servis dan segala macamnya selesai sampai menghabiskan ongkos Rp 147.500 (detailnya di artikel sebelumnya), ternyata tarikan mesin jadi semakin enteng dan ini yang penting, suara “ethek ethek”-nya sirna. Wah mantap tenan. So kesimpulan saya… Suara “ethek ethek” tersebut muncul akibat dari area CVT yang kotor dan perlu dilakukan penggantian vaselin.

Artikel “Solusi Honda Beat Muncul Suara “Ethek Ethek” saat RPM Rendah” ini semoga berguna. Salam kosong-kosong!

Leave a Reply

Your email address will not be published.