Daftar rincian part yang harus diganti saat pully Mio karburator rontok

satuaspal.com – Oke bro melanjutkan cerita satuaspal.com yang kemarin nih. Seperti yang sudah saya tulis diartikel sebelumnya (dikene), Mio karburator rakitan tahun 2009 milik saya tiba-tiba mengalami mogok saat melaju di atas fly over Palur, kejadiannya kemarin hari Senin (23/10) pagi hari pas lagi berangkat nguli. Tiba-tiba saat melaju di atas fly over muncul suara kemrosak cukup keras yang berasal dari area CVT. 

Sebenarnya kejadian ini tidak akan terjadi jika di hari Minggu (22/10), saya tidak membawa si Mio ke bengkel resmi Yamaha Panorama Motor Karanganyar. Hari itu saya berniat melakukan pengecekan part CVT setelah sebelumnya membaca artikel aripitstop.com yang judulnya “Bagian CVT Motor Matic Bunyi Berisik, Bahaya Pully Rontok”. 

Nah berbekal informasi di artikel mas Kiwil tersebut akhirnya saya ke beres Yamaha Panorama Motor Karanganyar, karena memang sudah muncul suara kasar dari CVT seperti yang ditulis oleh mas Kiwil. Dan oleh mekanik CVT dibongkar dan saya disuguhi pully yang katanya harus diganti karena ada kerusakan di sana. Terlihat beberapa komponen sudah aus dan ada komponen yang pecah. 

Pully waktu dibongkar di Panorama Motor Karanganyar

Setelah melihat penampakan pully yang harus diganti satu set dan menanyakan harganya, akhirnya saya mengurungkan niat untuk mengganti pully tersebut. Memang dari awal niatnya cuma ngecek. Berhubung kata mekanik biaya yang dibutuhkan sekitar 900 ribu lebih, saya berniat nabung dulu. Lalu pully tersebut dipasang lagi ke CVT tanpa ada part yang diganti. Saya hanya keluar duit untuk biaya bongkar pasang sebesar 30.000 rupiah. 

Keesokan harinya, Senin, Mio karburator tersebut saya pakai untuk berangkat ngarit mencari nafkah seperti biasa. Suara kasar masih muncul dari CVT, ya iyalah memang kemarin tidak ada part yang diganti kok. Apesnya… Setelah sekitar 10 km dari rumah, suara kasar dan keras muncul dari area CVT hingga akhirnya Mio hanya bisa digas tapi tidak bisa jalan. Dalam pikiran saya langsung kepikiran pully rontok. Pasti mekanik Panorama Motor Karanganyar kemarin tidak becus memasangnya. Apesss… Misal hari Minggu tidak saya bongkar pasti tidak begini kejadiannya… Dan ini gara-gara baca artikel aripitstop.com!! 

Akhirnya dengan bantuan Mas Anton dari Gojek, Mio karburator saya bisa dipancal sampai ke beres Panggung Motor Jebres, yang kira-kira jaraknya 3 km lebih dari fly over Palur. Makasih yo Mas Anton Gojek, semoga selalu banyak rejeki dan tetap sehat, aamiin. 

Setelah dibongkar di beres Panggung Motor Jebres, berikut penampakan pully dan ternyata harus diganti. 

Penampakan pully setelah dibongkar di Panggung Motor… Ada semacam bekas pukulan, entahlah…

“Komponen CVT seharusnya di cek setiap 10.000 km karena di bagian pully ini ada grease yang harus dicek kemampuan pelumasannya agar tidak muncul suara kasar. Selain itu dengan pengecekan rutin dapat meminimalisir kerusakan satu set pully yang harganya cukup mahal, sembilan ratus ribuan”, ujar Yokhawa mekanik Panggung Motor Jebres saat berbincang kepada saya. 

Okelah semua sudah terjadi dan memang harus diganti 1 set pully yang ternyata harganya 900.000 an saudara. Pecah celengan!! Dan ternyata komponen satu set pully itu banyak banget bro. Puantes mahal… 

Komponen satu set pully yang jika ditotal harganya tembus Rp 900.000 an… Mampuss..

Untuk harga detail perpartnya bisa bro lihat digambar dibawah ini. Banyak banget bro. 

Kalau sudah begini baru kerasa, perawatan motor metik itu muahal. Jik penak bebek! 

Impresi setelah penggantian part pully

Setelah pully diganti lengkap juga dengan vbeltnya, sekarang suara CVT sudah kembali halus seperti motor baru. Tarikan juga semakin enteng. Jadi pingin ngebut terus. Tapi ya itu.. Duit satu juta kandas, hanya untuk part  yang gedenya nggak sampai satu jengkal. 

Iklan

28 pemikiran pada “Daftar rincian part yang harus diganti saat pully Mio karburator rontok

  1. Padahal pulley nya ganti yg kw gak apa2 mas.. Asal rutin ganti greas awet kok kya ORI.. Tapi kopling sama mangkok masih ORI.. Kanvas klo abis bisa pake beat karbu.. Lebih hemat dan saya udah pake dari 5th lalu..

    Tapi klo rumah roller sama kipas wajib ORI..

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s