Mudik Solo – Purworejo 2016 dengan sepeda motor

satuaspal.com – Mudik Solo – Purworejo 2016.
image
Sekedar info mudik jalur Solo – Purworejo saja. Sesuai reques dari seorang teman sesama perantau dari Purworejo yang mengadu nasib di Solo.

Seperti diketahui, mase hari minggu kemarin tanggal 26 juni 2016 sudah mudik by sepeda motor dari Karanganyar ke Purworejo, lebih tepatnya Kutoarjo. Tapi balik ke Karanganyar lagi pas hari seninnya.
Memang tanggal segitu suasana mudik belum terlihat, lalu lintas masih seperti biasanya, namun ada poin-poin yang bisa mase tuliskan di sini sebagai informasi pedoman mudik.
Arah Solo – Purworejo merupakan arah ke barat, artinya apa… kita terbebas dari hiruk pikuk mudik yang mana biasanya yang paling mainstream adalah mudik ke arah timur. Jadi, bisa mase simpulkan, lalu lintas ke barat itu sepi tidak seramai arah ke timur.
Biasanya di jalur Solo Jogja bakal lancar. Berkat kombinasi jalanan sepi, ruas jalan lebar dan ruas jalan 1 arah. Maksudnya ada pembatas antara jalan ke arah barat dan timur.
Jalanan Solo – Jogja juga cenderung halus mulus, paling sedikit bergronjal di wilayah Klaten Timur. Dan ada sedikit kemacetan di daerah Klaten terutama daerah dimana di pinggir jalan ada pasar.
Pas masuk Klaten mase sarankan untuk lewat jalur dalam kota saja. Jalur ring road biasanya akan penuh truk.
image
Pas masuk Jogja mase lenih suka lewat jalan dalam kota, memang lampu merahnya banyak dan cenderung macet. Selain itu bisa juga milih jalur ring road selatan. Lampu merah juga banyak, namun tidak begitu macet, tapi jalanannya cukup panjang.
Untuk istirahat, sholat, dan mendinginkan mesin motor, mase sarankan istirahat di SPBU Gamping/Ambar Ketawang.
image
Jalanan Jogja mulus hingga perbatasan dengan Purworejo. Saat memasuki wilayah Purworejo jalanan cenderung menggronjal, tapi tenang, tidak ada lubang yang berarti.
Nah memasuki area Bayan biasanya jalanan di sini ramai karena sempit juga sih. Berhati-hatilah dan atur kecepatan.
Untuk yang akan mengarah ke Kemiri, di kawasan Kalianyar ke utara lalu lintas agak tersendat karena sedang ada pembangunan jembatan baru di dekat SMP 5 (dulu namanya SMP 5, sekarang kurang tahu jadi SMP brp…)
image
Bagi yang akan mudik ke Purworejo dengan sepeda motor msse sarankan untuk tidak lupa membawa jas hujan, karena cuaca kadang berubah-ubah. Nah tetap berhati-hati di jalan, semoga selamat sampai di rumah. (Mase)
Pict credit: koleksi pribadi
[display-posts tag=purworejo]

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*