HP Samsung Flip Seri GT-E1272 Ini Meledak dan Terbakar Secara Tiba-Tiba

satuaspal.com – Berita kejadian sebuah handphone (hp) meledak memang bukan hanya sekali duakali ini terdengar, namun kasus-kasus hp meledak seperti itu selama ini satuaspal.com kira hanya hoax belaka. Hingga akhirnya kemarin kejadian hp meledak ini malah dialami oleh teman satuaspal.com sendiri. Ini bukti, ternyata berita hp meledak bukan hanya hoax, tapi memang benar-benar ada kasus seperti itu.
image
Om Didit, seorang teman kerja satu kantor dengan satuaspal.com ini, pagi ini bercerita jikalau hp Samsung Flip Seri GT-E1272 meledak dan terbakar. Om Didit juga membagikan foto-foto kondisi terakhir hp Samsung Flip seri GT-E1272 yang terbakar dan meledak itu.

Terlihat di gambar paling atas itu kondisi bagian depan hp Samsung flip seri GT-E1272 yang meledak dan terbakar. Terlihat dibeberapa bagian bodynya meleleh. Terus benda yang ada disamping kanan hp itu adalah baterainya. Kondisi baterai hp Samsung flip seri GT-E1272 yang meledak dan terbakar itu seakan membulat.
Jika itu kondisi di bagian depan, maka kondisi hp dibagian belakang lebih mengerikan lagi.
image
Bagian belakang hp Samsung flip seri GT-E1272 yang meledak dan terbakar ini sudah tidak berbentuk lagi, semuanya meleleh akibat ledakan dan terbakar.
Ketika satuaspal.com mengorek informasi lebih jauh, misal adanya kemungkinan hp di cas terlalu lama atau hp di cas tapi sambil dipakai terus… ternyata Om Didit mementahkan perkiraan satuaspal.com tersebut.
Om Didit mengatakan, hp Samsung flip seri GT-E1272 yang meledak dan terbakar tersebut saat kejadian sedang tidak digunakan sama sekali, pun begitu hp juga tidak dalam kondisi di cas. HP Samsung flip seri GT-E1272 yang meledak dan terbakar itu saat kejadian hanya ia taruh seperti biasa di atas tempat tidur. Dan tahu-tahu terdengar suara ledakan dan suara api yang membakar hp hingga membakar sedikit bagian kasur dimana hp diletakkan.
Walah kok bisa tiba-tiba meledak dan terbakar ya… FYI dalam kesehariannya hp Samsung flip seri GT-E1272 yang meledak dan terbakar ini kadang kalau ngecas juga menggunakan charger hp lain, apakah ini penyebabnya… entahlah… Om Didit juga bingung. Tapi sepertinya hal ini (penggunaan charger hp lain) sudah jamak terjadi disekitar kita, dan aman-aman saja.
Satuaspal.com kutip dari autotekno.sindonews.com, sejumlah ahli mengatakan ada 3 alasan utama penyebab handphone meledak:
Pertama: Kondisi baterai yang digunakan telah rusak atau cacat. Meskipun dilakukan pengisian daya, seolah-olah terisi. Hal ini bisa menyebabkan hubungan pendek. Namun kecil kemungkinan, kecualai handphone tersebut telah dimodifikasi.
Kedua: Melakukan pengisian yang tidak benar (menggunakan charger tidak semestinya). Ini sering terjadi dan mengakibatkan menganggu kinerja baterai.
Ketiga: Membiarkan ponsel yang sudah terisi penuh tetap dalam keadaan mengisi, sehingga terjadi overheating pada baterai. Hal ini sangat memungkinkan terjadi ledakan.
Sebaiknya yang harus dihindari:
– Jangan menggunakan handphone saat melakukan pengisian baterai. Untuk lebih amannya cabut dulu, baru menerima panggilan atau menggunakan fungsi lainnya.
– Memastikan tidak over-charged saat melakukan pengisian. Bisa indikator sudah menunjukkan 100% terisi, maka cabut kabel pengisian.
– Jika kondisi baterai sudah berubah bentuk alias membengkak, cepat lakukan penggantian baterai.
Nah kira-kira pada kasus Om Didit ini penyebabnya yang mana ya… ataukah ada penyebab lain mengapa hp bisa meledak yang belum teridentifikasi…
Satuaspal.com sendiri juga punya hp Samsung seri GT-E1080, jadi deg degan nih… Bismillah semoga aman selalu… Aamiin…
Ada pembaca yang pernah mengalami kejadian seperti ini, tiba-tiba hpnya meledak dan terbakarkah… Amit amit… Salam satu aspal… (mase)
image
[display-posts tag=handphone]
==========================
Pemirsa punya info seputar otomotif (atau apapun) yang ingin di share di satuaspal.com? Hubungi saja kontak Mase di bawah ini.
√ Email : motorsport150@gmail.com
√ Whatapps : 085747151746 (no sms or call)
√ BBM : 5A1F7DBC

28 Comments

  1. pernah di thn 2008, hp bundle cdma ceria merk huawei injek yg ada antenanya (seri lupa) lagi dicas diatas meja tiba tiba meledak dan terbakar. padahal baru dipakai 4 bulanan saja… sayang pulsanya dan hpnya rugi 300ribu aku….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*