Iklan
jump to navigation

Berapa Sih Besaran Denda di Pengadilan Kalau Nggak Punya SIM? 3 Maret 2016

Posted by Mase in safety riding, Surat Ijin Mengemudi.
Tags: , , , , ,
trackback

satuaspal.com – Berapa Sih Besaran Denda di Pengadilan Kalau Nggak Punya SIM? Nah om, satuaspal.com mau nanya kepada pembaca semua… Berapa sih besaran denda tilang resmi di pengadilan kala ketangkep razia lalu lintas pas nggak punya SIM… Yah siapa tahu ada om-om di sini yang sudah berpengalaman ketangkep razia. :mrgreen:

image

Nah satuaspal.com terinspirasi nih dari tulisan tante Wiwit Tanty di atas. Ceritanya… tante Wiwit Tanty ini kena razia lalu lintas di Jl Imogiri pas mau ke Wonosari. Nah karena nggak punya SIM, maka STNK tante ini ditahan oleh polisi.

Tante Wiwit Tanty mencoba main fair, tidak memilih nyogok atau sidang ditempat. Tentu harapannya kalau sidang resmi di pengadilan bakalan lebih murah dendanya daripada damai dengan pak pol.

Nah kabarnya yang diketahui tante  Wiwit ini kalau sidang ditempat bayar 50 ribu kalau nggak punya SIM, nah kalau sidang pengadilan konon hanya 30 ribu saja. Nah ternyata pas sidang tante Wiwit ini malah kena denda 100 ribu rupiah…

Nah kok mahal amat nih… Adakah om om yang tahu, berapa sih sebenarnya tarif resmi denda di pengadilan kalau nggak punya SIM… Apakah tarifnya memang naik…

Swear saja, satuaspal.com belum pernah kena razia nggak punya SIM. Alhamdulillah… ketika belum punya SIM ane benar-benar dilarang mengendarai motor oleh Ayah ane (kecuali di jalan kampung 😆 ). Satuaspal.com paling kalau ketangkep polisi ya gara-gara nrobos lampu merah (jangan ditiru), sama lampu mika belakang putih, dulu pas jaman alay.

Pengalaman satuaspal.com kala nrobos lampu merah, dulu sidang pengadilan kena sekitar belasan ribu saja, nggak sampai 20 ribu.

Nah ini ada sedikit pencerahan…

1. Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

2. Setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).

Nah gimana menurut om om sekalian nih… Berapa sih tarif denda resmi di pengadilan kala nggak punya SIM… Yah siapa tahu ada yang pengalaman ketangkep terus sidang, hehehehe… (mase)

==========================
Pemirsa punya info seputar otomotif (atau apapun) yang ingin di share di satuaspal.com? Hubungi saja kontak Mase di bawah ini.

√ Email : motorsport150@gmail.com
√ Whatapps : 085747151746 (no sms or call)
√ BBM : 5A1F7DBC

Iklan

Komentar»

1. Budi Santoso - 3 Maret 2016
Mase - 3 Maret 2016

Bayar berapa lek

Budi Santoso - 3 Maret 2016

50 ewu lewat calo

Mase - 3 Maret 2016

Brrt nek dewe plg 30 yo

Budi Santoso - 3 Maret 2016

itu 2 tahun yang lalu

Mase - 3 Maret 2016

Oooo dah lama ik

2. lamik gemini - 3 Maret 2016

nebus 30ribu di pengadilan..
tahun 2005..
setelah itu gak pernah lagi sampai sekarang..

Mase - 3 Maret 2016

Wah udah lama juga tuh om

lamik gemini - 3 Maret 2016

iya om.. sejak itu kapok kena razia.. mending lengkapin semua surat

Mase - 3 Maret 2016

Nah itu br betul

RichardGN - 3 Maret 2016

Itu posisi gabawa sim atau gapunya sim om ?

lamik gemini - 3 Maret 2016

nebus SIM, karna STNK gak dibawa om..

Mase - 3 Maret 2016

Gak punya om

3. ndesoedisi - 3 Maret 2016

kayaknya denda di pengadilan emang beda-beda deh, kalo sidang sendiri biasanya agak mahal, tapi kalo hasil razia serentak biasanya lebih murah karena yang sidang kan banyak, tapi ga tau juga sie 😀

http://ndesoedisi.com/2016/03/03/cewek-imut-berkerudung-naik-cbr150r-ini-bawa-motornya-ajib/

Mase - 3 Maret 2016

Oh gitu mang

RichardGN - 3 Maret 2016

Wkwkwk prinsip ekonomi om nde jalan wkwk

ndesoedisi - 3 Maret 2016

hahahahaaaaa

4. RichardGN - 3 Maret 2016

Nah itu, cuma dikasitau maksimal denda berapa ya, dlu temen ane ga punya sim pas razia langsung disebut satu juta, kena denda maksimalnya.. Bulan lalu di jakarta ga sengaja ambil jalur cepat, pas di pengadilan semua pelanggar dipukul rata 100rb. Hayo gmana nih

Mase - 3 Maret 2016

Walah main pukul rata… mungkin polisi sudah mumet ndhase..

RichardGN - 3 Maret 2016

100rebu dikali nmer urut ane 1300, dan masi ada antrian sampe 1500 huehehe

Mase - 4 Maret 2016

Itu masuk kantong pribadi mayan lho… bisa buat piara janda 5 ekor…

KorbanJabatan - 27 April 2017

T4 saya ga as SIM 250 bos blm tambah pelanggaran lain bisa Harga Motor bos ga as Helem 250 juga kalo ga salah lu ga as Helem ga punya SIM 500 coy

Mase - 27 April 2017

Busyeeettt

5. Bonsai Biker - 5 Maret 2016

muahal

6. paklek - 8 Maret 2016

Denda yg diputus untuk pelanggaran lalu lintas di setiap pengadilan negeri berbeda2, banyak faktornya misalnya tergantung daerah wilayah hukum pengadilan tersebut, misal utk kota besar seperti jakarta tentu rata2 dendanya berbeda (lebih tinggi) dng kabupaten atau kota yg lebih kecil, tidak ada standarnya tapi pastinya tdk mungkin lebih dri denda maksimal. Atau bisa jg melanggar di wilayah kawasan tertib lalu lintas, maka denda akan lebih tinggi drpd dikawasan yg non ktl. Klo dri postingan wiwit tanty diatas yg ikut sidang di kejaksaan mungkin maksudnya bayar denda tilang di kejaksaan, klo denda dibayar di kejaksaan biasanya lebih mahal dri denda klo ikut sidang di pengadilan, krna klo tdk hdir di sidang pengadilan, putusan dijatuhkan dengan verstek atau tanpa hadirnya terdakwa(pelanggar) & dendanya lbih tinggi dri yg hdir sidang. Stlh diputus verstek berkas tilang dilimpahkan ke kejaksaan & bisa ambil di kejaksaan. Saran saya, ikuti sidang jgn pake calo, bayar sesuai dgn denda yg tertulis.

paklek - 8 Maret 2016

Ralat#maksudnya bayar sesuai dgn denda yg diucapkan hakim, klo verstek bayar denda sesuai yg tertulis di blangko.

Mase - 8 Maret 2016

Oh gitu ya mas bro, makasih pencerahannya nih… ane paham..

hananto - 9 Maret 2016

Jadi kalau di pemgadilan negeri lebih murah ya . blanko maksut agan itu surat tilangnya . ??

7. Gogon - 19 Maret 2016

Di Pengadilan Hakim berhak memutus denda dr 1 rupiah smpi denda maks.
Tiap daerah beda putusanya krn Hakim ny jg berbeda.
Dlm persidangan psti lbh murah trkadang bs nego harga sm hakim ny 😀
berkas tilang stlh slsai sidang disebut Verstek (pelanggar tdk hadir dlm sidang)
dlm 7 hari maks ada di ktr Kejaksaan smpi 2thn.
Denda Verstek lbh mahal krn sanksi tdk hadir sidang yg diputus hakim.
Besarnya Denda ada dibelakang blangko tilang yg ada di Kejaksaan.
*Hasil sidang tilang & verstek lgsng disetor ke Negara.
**Lebih baik byr keBank, hadir sidang ataupun Verstek krn hasil ny utk Negara & pastinya utk masyarakat jg, drpd byr/titip ke Polisi”.
“Sesungguhnya org yg bayar ke polisi = suap dan yg menerima uang tsb (polisi yg disuap) sama2 bersalah = Dosa.”
“salam satu aspal”

Mase - 19 Maret 2016

Makasih mas bro inpohnya, lengkap sekali. Betul lebih baik sidang jangan nyuap dosa.

Salam satu aspal josss…

8. Emas burhan - 25 Mei 2016

Saya baru kena tilang karena gak punya sim pas razia itu kira” dendanya brp ya di persidangan ?

Mohon jawabannya dari yang pengalaman”
Thanks

Mase - 26 Mei 2016

Gak punya sim kl gak salah 60 rb kl di solo brad

9. aji - 15 September 2016

Baru saja kemarin kena tilang dan sya minta sidang, gara” tidak bawa STNK sim pun di than. Sidangnya jm 08:00-09:00 tpi sya datang ke pengadilan jm 11 dan lngsung sya ambil sim sya suruh bayar 70k. Ada yg ganjal kan

satuaspal.com - 15 September 2016

Lho sidang kok di jam i gitu mana cuma 1 jam batasnya… wah nggak bener nih..

gogon - 18 Januari 2017

Klo lwt jam sidang disebut verstek, ya tinggal ambil karena sdh diputus hakim.
Klo ikut sidang jam 08:00-09:00 mungkin bisa didenda 30-50rb.
Lbh murah kn..dan hasilnya lngsng setor ke Negara.
Klo diambil diluar sidang bisa jadi beberapa “Oknum” menambahi denda tilang Anda.

Mase - 19 Januari 2017

Betul mas sip

10. Ade - 20 Oktober 2016

waduh bayar 100 ribu

11. Alto - 19 November 2016

Sekedar sharing, pernah sidang gegara ga bw stnk motor cuma kena 30rb. Lokasi madiun awal 2016.

Mase - 19 November 2016

Nice share mas bro. Suwun…

12. fadli - 20 November 2016

ambil hikmahnya aja mas

Mase - 21 November 2016

iya betul itu mas

13. agenwisatakarimunjawa - 22 November 2016

bikin sim sama denda nya lebih besaran denda nya ya. ayo bikin sim saja daripada was was berkendara.

Mase - 22 November 2016

makanya ayo bikin sim

Rrt - 9 Desember 2016

Sama aja bikin/ ngak…nyatanya semua dah lengkap polisi nyari jesalahan lain…

Mase - 9 Desember 2016

Wah polisinya minta di sekolahin lg tuh

14. Akbar - 4 Januari 2017

Gan klo di pn bogor klo kena tilang berapa ya kira2 klo g punya sim

Mase - 4 Januari 2017

Kalau di Solo 60rb bro. Mungkin nggak jauh beda.

15. Regi - 18 Januari 2017

Denda thn 2017 lebih dasyat guyz…ga punya sim 1juta. Makin mantep aja nih orang2 pemerintahan korupnya…hebat!!! Dan skrg uda ga ada sidang2an lagi, langsung denda.

Mase - 18 Januari 2017

Mosok om… Sangar kui..

gogon - 18 Januari 2017

Klo 1 jt kn denda maksimal.
Coba deh budayakan ikut sidang tanpa “calo”
Psti lbh murah.
Apabila Anda benar dlm sidang & dpt dibuktikan, Anda dibebaskan dr pelanggaran.

Mase - 19 Januari 2017

Nah ini baru bener

16. ilham - 14 Februari 2017

yg bener harga dendanya berapa bro tadi aku kena razia aku di tangkep setelah di ambil stnk suruh nandatangani langsung agu bleyer aja polisi nya

Mase - 14 Februari 2017

Nah itu dia, tiap daerah kyknya beda2 dech

17. Ade W - 26 Maret 2017

Tanya… Kena tilang di Bekasi Kota, dikasih surat biru. Suruh ikut sidang. Kena berapa ya ? Makasih

18. Ade W - 26 Maret 2017

RALAT : Tanya… Kena tilang karna ngga punya SIM…di Bekasi Kota, dikasih surat biru. Suruh ikut sidang. Kena berapa ya ? Makasih

Mase - 26 Maret 2017

Biasanya kalau surat biru nggak pakai sidang mas bro. Langsung transfer denda manual.

Mase - 26 Maret 2017

Sorry maksudnya denda maksimal.

19. arzuqni - 29 Maret 2017

Permisi, mau tanya. Td saya kena tilang krn lupa bawa dompet. Pdhl sim & stnk di dompet semua. Bahkan uang pun ga bawa krn terburu2 berangkat. Trs saya bilang kalo dompet saya mau dianter, krn rumahbsaya jg jaraknya cuma 10menit dari lokasi tilang. Kemudian saya diberi surat biru & disuruh sidang. Biasanya di Solo denda brp ya? Tega bgt polisi ke mahasiswi :’)

Mase - 29 Maret 2017

Surat biru setahuku denda maksimal sist, mungkin 1 juta…

20. ririz - 13 April 2017

Gan ini barusan gw kena tilang., alasannya krn gw ngelanggar lampu merah, padahal kagak. Karna ane g pernah ditilang dan gatau mana polisi yg nakal apa kagak, akhirnya gw ikutin deh mainnya. Pas ditanyain surat2nya, otomatis gw kan buka dompet tuh, nah dompet gw kagak ada uangnya, isinya fotokopian kertas smw 😂 N si pakpol ttp ngeyel mw nilang., tapi nanya “mbak ini yg mau ditahan yg mana? Sim apa stnknya?” aneh kan

Akhirnya gw dikasih surat biru, kira2 dendanya brp yaa masa 500rb 😂😂😅😥😭😭

Mase - 13 April 2017

Iya biasanya memang ditanya begitu, “sim atau stnk”. Kalau saya ta pilih sim biar stnk bisa di bawa siapa saja yg pake kendaraan. 500 rb itu cuma nitip saja mbak bro, tar kalau sudah diputus dikembalikan sisanya. Kayaknya paling cuma 100 rb dendanya atau kurang malah.

21. KorbanJabatan - 27 April 2017

Tempat Aneh tak ada SIM 250 ribu bos belum tambah tak ada spion am helem bsa2 harga satu motor bekas bos,,itu masuk k pungli ayo gmna bos?

Mase - 27 April 2017

Iya pungli tuh

22. ghossan - 8 Mei 2017

ini gimana ya masbro ane bingung, ane ditilang dikasih slip biru disuruh bayar di BRI bilangnya gimana? trus kata pakpolnya nanti dikirimin sms, tapi sampe sekarang belom ada smsnya, trus sistemnya maksimal kah? ane kena 2 pasal 😦 nyesek juga kalo beneran 1 juta

Mase - 8 Mei 2017

Iya mas bro bayar maksimal dulu, trs nanti kl dah ada putusan dikembalikan sisanya kok.

ghossan - 9 Mei 2017

nah ane udah dapet sms nya gan disuruh bayar 120rebu, kok ga maksimal ya? alhamdulillah berarti, terus ngambil stnknya pas sidang atau kita ke polres gan? tgl sidangnya 9 juni, kalo langsung ke polres ke bagian tilang apakah bisa? atau ke pengadilan? newbie banget ane soal pertilangan..

Mase - 10 Mei 2017

Iya emang blm diberlakukan denda maksimal. Mungkin kl udah byr transfer kyknya gak perlu ikut sidang, bs diambil ke Polres. Kayaknya lho ini he…

23. eco - 13 Mei 2017

Mas saya mau nanya kemaren saya di tilang, tidak ada SIM, trus di kasih slip biru, kira-kira di sidang kena berapa?

Mase - 13 Mei 2017

Iya kalau sekarang polisi mmg pakai slip biru, kalau dulu sih 60rb kalau motor.

eco - 13 Mei 2017

Yg buat saya pusing, kenapa di slip birunya tidak ada nominal pembayaran nya dendanya

Mase - 13 Mei 2017

Biasanya nanti di SMS suruh bayar berapanya bro.

eco - 16 Mei 2017

Tapi kok saya gak di minta no saya sih mas sama polisnya, tdi saya bayar ke bank katanya harus minta no polisinya emng ya?

Mase - 16 Mei 2017

Waduhhh gmn ya… Ane juga kurang paham lbh dlm…

24. Bingung berapa denda yang harus kamu bayar saat sidang tilang? Install aplikasi Info Tilang PN Surakarta aja | www.satuaspal.com - 14 Mei 2017
25. irman ervian - 21 Juni 2017

Permisi om mau tanya ,kalo surat tilang merah udah kadaluarsa 3 bulan .paling bayar denda berapa ya om ?
Yang ditahannya sim saya gara” ga pake helm .kira” om” disini ada yg tau ga ?
Makasih .


Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

Bakul Kangkung Jpr

let's talk motorcycles and bikers

Adhikarta.Net

All About Otomotif dan Kulon Progo

imotorium

Info Otomotif | Bus | Mobil | Motor | Aviasi | Wisata | Gadget

terasmalam

Menikmati Malam Di TERASMALAM

Putri Avionitami

Tak ada yang salah dalam hidup hanya orang - orang yang tak ingin berkemauan keras untuk mencapai tujuan hidup

Mila Sakinah

ALLAH selalu ada bersama ku😇

Dian Farizka

To be the star

Anita Firdaus

Keberhasilanku diraih karena usahaku

%d blogger menyukai ini: