Berapa Sih Besaran Denda di Pengadilan Kalau Nggak Punya SIM?

satuaspal.com – Berapa Sih Besaran Denda di Pengadilan Kalau Nggak Punya SIM? Nah om, satuaspal.com mau nanya kepada pembaca semua… Berapa sih besaran denda tilang resmi di pengadilan kala ketangkep razia lalu lintas pas nggak punya SIM… Yah siapa tahu ada om-om di sini yang sudah berpengalaman ketangkep razia. :mrgreen:

image

Nah satuaspal.com terinspirasi nih dari tulisan tante Wiwit Tanty di atas. Ceritanya… tante Wiwit Tanty ini kena razia lalu lintas di Jl Imogiri pas mau ke Wonosari. Nah karena nggak punya SIM, maka STNK tante ini ditahan oleh polisi.

Tante Wiwit Tanty mencoba main fair, tidak memilih nyogok atau sidang ditempat. Tentu harapannya kalau sidang resmi di pengadilan bakalan lebih murah dendanya daripada damai dengan pak pol.

Nah kabarnya yang diketahui tante  Wiwit ini kalau sidang ditempat bayar 50 ribu kalau nggak punya SIM, nah kalau sidang pengadilan konon hanya 30 ribu saja. Nah ternyata pas sidang tante Wiwit ini malah kena denda 100 ribu rupiah…

Nah kok mahal amat nih… Adakah om om yang tahu, berapa sih sebenarnya tarif resmi denda di pengadilan kalau nggak punya SIM… Apakah tarifnya memang naik…

Swear saja, satuaspal.com belum pernah kena razia nggak punya SIM. Alhamdulillah… ketika belum punya SIM ane benar-benar dilarang mengendarai motor oleh Ayah ane (kecuali di jalan kampung 😆 ). Satuaspal.com paling kalau ketangkep polisi ya gara-gara nrobos lampu merah (jangan ditiru), sama lampu mika belakang putih, dulu pas jaman alay.

Pengalaman satuaspal.com kala nrobos lampu merah, dulu sidang pengadilan kena sekitar belasan ribu saja, nggak sampai 20 ribu.

Nah ini ada sedikit pencerahan…

1. Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

2. Setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).

Nah gimana menurut om om sekalian nih… Berapa sih tarif denda resmi di pengadilan kala nggak punya SIM… Yah siapa tahu ada yang pengalaman ketangkep terus sidang, hehehehe… (mase)

==========================
Pemirsa punya info seputar otomotif (atau apapun) yang ingin di share di satuaspal.com? Hubungi saja kontak Mase di bawah ini.

√ Email : motorsport150@gmail.com
√ Whatapps : 085747151746 (no sms or call)
√ BBM : 5A1F7DBC

Iklan

79 pemikiran pada “Berapa Sih Besaran Denda di Pengadilan Kalau Nggak Punya SIM?

  1. Nah itu, cuma dikasitau maksimal denda berapa ya, dlu temen ane ga punya sim pas razia langsung disebut satu juta, kena denda maksimalnya.. Bulan lalu di jakarta ga sengaja ambil jalur cepat, pas di pengadilan semua pelanggar dipukul rata 100rb. Hayo gmana nih

  2. Denda yg diputus untuk pelanggaran lalu lintas di setiap pengadilan negeri berbeda2, banyak faktornya misalnya tergantung daerah wilayah hukum pengadilan tersebut, misal utk kota besar seperti jakarta tentu rata2 dendanya berbeda (lebih tinggi) dng kabupaten atau kota yg lebih kecil, tidak ada standarnya tapi pastinya tdk mungkin lebih dri denda maksimal. Atau bisa jg melanggar di wilayah kawasan tertib lalu lintas, maka denda akan lebih tinggi drpd dikawasan yg non ktl. Klo dri postingan wiwit tanty diatas yg ikut sidang di kejaksaan mungkin maksudnya bayar denda tilang di kejaksaan, klo denda dibayar di kejaksaan biasanya lebih mahal dri denda klo ikut sidang di pengadilan, krna klo tdk hdir di sidang pengadilan, putusan dijatuhkan dengan verstek atau tanpa hadirnya terdakwa(pelanggar) & dendanya lbih tinggi dri yg hdir sidang. Stlh diputus verstek berkas tilang dilimpahkan ke kejaksaan & bisa ambil di kejaksaan. Saran saya, ikuti sidang jgn pake calo, bayar sesuai dgn denda yg tertulis.

  3. Di Pengadilan Hakim berhak memutus denda dr 1 rupiah smpi denda maks.
    Tiap daerah beda putusanya krn Hakim ny jg berbeda.
    Dlm persidangan psti lbh murah trkadang bs nego harga sm hakim ny 😀
    berkas tilang stlh slsai sidang disebut Verstek (pelanggar tdk hadir dlm sidang)
    dlm 7 hari maks ada di ktr Kejaksaan smpi 2thn.
    Denda Verstek lbh mahal krn sanksi tdk hadir sidang yg diputus hakim.
    Besarnya Denda ada dibelakang blangko tilang yg ada di Kejaksaan.
    *Hasil sidang tilang & verstek lgsng disetor ke Negara.
    **Lebih baik byr keBank, hadir sidang ataupun Verstek krn hasil ny utk Negara & pastinya utk masyarakat jg, drpd byr/titip ke Polisi”.
    “Sesungguhnya org yg bayar ke polisi = suap dan yg menerima uang tsb (polisi yg disuap) sama2 bersalah = Dosa.”
    “salam satu aspal”

  4. Saya baru kena tilang karena gak punya sim pas razia itu kira” dendanya brp ya di persidangan ?

    Mohon jawabannya dari yang pengalaman”
    Thanks

  5. Baru saja kemarin kena tilang dan sya minta sidang, gara” tidak bawa STNK sim pun di than. Sidangnya jm 08:00-09:00 tpi sya datang ke pengadilan jm 11 dan lngsung sya ambil sim sya suruh bayar 70k. Ada yg ganjal kan

  6. Denda thn 2017 lebih dasyat guyz…ga punya sim 1juta. Makin mantep aja nih orang2 pemerintahan korupnya…hebat!!! Dan skrg uda ga ada sidang2an lagi, langsung denda.

  7. yg bener harga dendanya berapa bro tadi aku kena razia aku di tangkep setelah di ambil stnk suruh nandatangani langsung agu bleyer aja polisi nya

  8. RALAT : Tanya… Kena tilang karna ngga punya SIM…di Bekasi Kota, dikasih surat biru. Suruh ikut sidang. Kena berapa ya ? Makasih

  9. Permisi, mau tanya. Td saya kena tilang krn lupa bawa dompet. Pdhl sim & stnk di dompet semua. Bahkan uang pun ga bawa krn terburu2 berangkat. Trs saya bilang kalo dompet saya mau dianter, krn rumahbsaya jg jaraknya cuma 10menit dari lokasi tilang. Kemudian saya diberi surat biru & disuruh sidang. Biasanya di Solo denda brp ya? Tega bgt polisi ke mahasiswi :’)

  10. Gan ini barusan gw kena tilang., alasannya krn gw ngelanggar lampu merah, padahal kagak. Karna ane g pernah ditilang dan gatau mana polisi yg nakal apa kagak, akhirnya gw ikutin deh mainnya. Pas ditanyain surat2nya, otomatis gw kan buka dompet tuh, nah dompet gw kagak ada uangnya, isinya fotokopian kertas smw 😂 N si pakpol ttp ngeyel mw nilang., tapi nanya “mbak ini yg mau ditahan yg mana? Sim apa stnknya?” aneh kan

    Akhirnya gw dikasih surat biru, kira2 dendanya brp yaa masa 500rb 😂😂😅😥😭😭

    • Iya biasanya memang ditanya begitu, “sim atau stnk”. Kalau saya ta pilih sim biar stnk bisa di bawa siapa saja yg pake kendaraan. 500 rb itu cuma nitip saja mbak bro, tar kalau sudah diputus dikembalikan sisanya. Kayaknya paling cuma 100 rb dendanya atau kurang malah.

  11. Tempat Aneh tak ada SIM 250 ribu bos belum tambah tak ada spion am helem bsa2 harga satu motor bekas bos,,itu masuk k pungli ayo gmna bos?

  12. ini gimana ya masbro ane bingung, ane ditilang dikasih slip biru disuruh bayar di BRI bilangnya gimana? trus kata pakpolnya nanti dikirimin sms, tapi sampe sekarang belom ada smsnya, trus sistemnya maksimal kah? ane kena 2 pasal 😦 nyesek juga kalo beneran 1 juta

      • nah ane udah dapet sms nya gan disuruh bayar 120rebu, kok ga maksimal ya? alhamdulillah berarti, terus ngambil stnknya pas sidang atau kita ke polres gan? tgl sidangnya 9 juni, kalo langsung ke polres ke bagian tilang apakah bisa? atau ke pengadilan? newbie banget ane soal pertilangan..

      • Iya emang blm diberlakukan denda maksimal. Mungkin kl udah byr transfer kyknya gak perlu ikut sidang, bs diambil ke Polres. Kayaknya lho ini he…

  13. Mas saya mau nanya kemaren saya di tilang, tidak ada SIM, trus di kasih slip biru, kira-kira di sidang kena berapa?

  14. Ping balik: Bingung berapa denda yang harus kamu bayar saat sidang tilang? Install aplikasi Info Tilang PN Surakarta aja | www.satuaspal.com

  15. Permisi om mau tanya ,kalo surat tilang merah udah kadaluarsa 3 bulan .paling bayar denda berapa ya om ?
    Yang ditahannya sim saya gara” ga pake helm .kira” om” disini ada yg tau ga ?
    Makasih .

Silahkan mau komen apa saja, boleh "joss", "beng", "ngekk", "bengek"..... pokoke sak karepmu kang mbak.... khusus untuk cewek bisa meninggalkan nomer hp #eh

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s