Hasil tes konsumsi bbm Suzuki Nex II… Irit nggak ya…

Salam satu aspal…

Suzuki Nex II adalah sepeda motor metik terbaru dari Suzuki sebagai penerus Suzuki Nex yang lahir pertama kali pada tahun 2011. Pada generasi terbarunya ini, PT. Suzuki Indomobil Sales merombak total desain Suzuki Nex lawas menjadi sebuah motor yang lebih keren dan sporty. Dimensinya pun kini lebih besar. Tidak itu saja, Suzuki Nex II juga menggunakan ban yang lebar dengan ban depan berukuran 80/90 dan ban belakang 90/90. Jadi, selain memiliki tampilan yang keren dan sporty, Suzuki Nex II juga semakin nyaman handlingnya.

[display-posts tag=suzuki-nex-ii]
Suzuki Nex II masih menggunakan mesin yang sama dengan Suzuki Nex yang terkenal akan keiritannya. Yakni mesin 113 cc SOHC, 2 klep, 1 silinder 4 tak, dan tentu saja sudah injeksi. Namun kini beratnya naik menjadi 93 kg. Nah, karena bodynya menjadi lebih besar, penggunaan ban yang lebih lebar, serta berat yang naik, tentu sangat menarik untuk mengetahui konsumsi bbmnya. FYI… PT. Suzuki Indomobil Sales sendiri mengklaim jika konsumsi bbm Suzuki Nex II ini ada diangka 49 km/liter. Lantas apakah benar sampai segitu…
Mumpung saya sedang dipinjami unit Suzuki Nex II dari Indosolo Jajar, maka kemarin saya tidak melewatkan untuk melakukan uji konsumsi bbm Suzuki Nex II secara langsung. Kira-kira akan bisa lari berapa jauh ya, Suzuki Nex II ini untuk 1 liter bbmnya. Pengetesan konsumsi bbm ini saya lakukan sebanyak 2 kali. Masing-masing penjabarannya sebagai berikut.
Test 1 Konsumsi BBM Suzuki Nex II

Pada test konsumsi bbm yang pertama ini saya kendarai Suzuki Nex II ini selama beberapa hari, setelah diisi penuh tangki bensinnya yang berkapasitas 3,6 liter. Cara berkendaranya sendiri tidak diirit-iritkan. Kalau ada kesempatan ngebut ya gas. Bahkan dalam pengujian ini, Suzuki Nex II juga saya pakai untuk touring ke area pegunungan teh di lereng Gunung Lawu secara berboncengan dengan anak dan istri yang jika ditotal berat bebannya adalah 125 kg. Tahu sendiri kan bro jalan ke pegunungan seperti apa? Lengkap ada kelokan, tanjakan, dan turunan. Nah, pokoknya Suzuki Nex II yang masih baru ini saya siksa habis-habisan. Hehe..
KM awal pengetesan pertama :


KM akhir pengetesan pertama :



Seperti biasa, metode yang saya pakai untuk mengetahui konsumsi bbm Suzuki Nex II ini menggunakan metode full to full. Dan hasilnya adalah.

  • 150-2 = 148 (motor sudah berjalan sejauh 148 km)
  • 2,8 liter bbm jenis Pertalite
  • 148/2,8 = 52,8

Wow… Ternyata konsumsi bbm Suzuki Nex II ini irit banget mas bro. Saya sampai kaget. Ternyata hasilnya melebihi klaim pabrikan, dimana klaim pabrikan konsumsi bbm Suzuki Nex II adalah 49 km/liter, nah saya malah bisa dapat 52,8 km/liter. Padahal pengetesan ini bisa dibilang secara ekstrim lho mas bro. Buat top speed sampai 104 kpj, buat boncengan bertiga, terus buat naik ke pegunungan kebun teh. Wow wow wow… Bener-bener dech Suzuki Nex II ini irit banget.
Test 2 Konsumsi Bbm Suzuki Nex II
Nah bedanya pada pengetesan kedua ini, Suzuki Nex II tidak saya gunakan untuk nanjak-nanjak. Cukup jalan di tempat yang datar saja, area perkotaan Karanganyar dan Solo. Macet juga saya temui saat pengetesan. Selain itu, dalam pengetesan konsumsi bbm Suzuki Nex II yang kedua ini juga saya pakai untuk berboncengan (sesekali) dan juga top speed yang tetap masih sama ada di angka 104 kpj pada trek lurus dan datar, gas sudah mentok. Hasilnya mari kita hitung.
KM akhir pada pengetesan pertama menjadi KM awal pada pengetesan kedua ini. Selanjutnya tangki Suzuki Nex II ini saya isi kembali pada angka 301 km di speedometer. Maaf lupa memfotonya. Dan hasilnya mari kita hitung bro.

  • 301-150 = 151
  • 2,7 liter bbm jenis pertalite
  • 151/2,7 = 55,9

Subhanallah… Ternyata Suzuki Nex II super duper irit mas bro… Untuk kota-kota, stop and go, bahkan terkena macet juga, jalan sruntulan bahkan top speed, serta sering berboncengan, konsumsi bbmnya bisa mencapai 55,9 kilometer per liter.

Last, jadi kesimpulan saya, Suzuki Nex II ini motor yang edian irit banget, luar biasa pokoknya. Dan ini menambah lagi keunggulan dari Suzuki Nex II, selain getaran yang minim, suara mesin yang halus, tarikan mesin yang responsif diputaran atas, serta plastik body plastik yang tebal. Good job Suzuki… Salam.

21 Comments

  1. yang jelas bisa bersaing dengan matic entry level yang lain (kalo desain sih selera ya)… malah lebih unggul ini dari segi kualitas bodi dan getaran mesin…kalo masalah mesin udah dari dulu suzuki wes terbukti jempolan…

  2. sama plek dg address berarti, konsumsi bbm gak pernah kurang dari 50km/l.
    cuma saya masih lebih suka nex lawas dibanding ini, tarikannya joss yg lawas.

  3. Assalamualaikum Wr wb. Saya berdomisili di kab. Tanah Bumbu Kalsel. Beli nex 2 warna biru butek. Dari dulu saya memang suka pake suzuki. Penasaran dengan konsumsi BBM nya, saya coba ngetest kasar aja.masuk ke pom bensin, beli pertilite full. Spedo menunjukan km 372. Yang meter ndak di hitung ya. Di kendarai bergantian dengan anak yang kebetulan siswa SMA. Kecepatan maksimal saya kurang lebih 50 kpj, maklum sudah berumur. Cara nariknya ngikut mesin aja. Klo anak saya kayaknya lebih cepat dan agresif karena waktu berangkat ke sekolah, bukaan gasnya lebih dalem. Setelah jarum bbm nunjuk ke garis putih, saya isi kembali, saya liat kedalam tangki masih ada pertilitenya. Tapi sudah terlanjur di pom ya saya isi saja. Km menunjukan angka 552, meternya ndak usah dihitung lagi ya. Jadi 552 -372 = 180. 180/3.6 = 50 kpl. Tadi saya bilang waktu ngisi masih ada sisanya. Artinya nex 2 konsimsi bbm nya lebih dari 50 kpl dengan pertilite. Dengan 2 orang pemakai yang berbeda riding style. Alhamdulillah irit. Ndak perlu fasilitas idling atau core biru kayak motor lain. Suzuki sangat bisa irit

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*